Home » Suara Burung » Download Suara Burung Perkutut Lokal dan Bangkok Asli

Download Suara Burung Perkutut Lokal dan Bangkok Asli

Download Suara Burung Perkutut – Pada dasarnya burung perkutut yang layak lomba mempunyai ciri-ciri suara yang sesuai kriteria dalam penilaian burung perkutut yang di tetapkan oleh P3SI pada AD/ART-nya. Dalam pakem penilaian yang telah di tetapkan, suara perkutut di bagi jadi 5 bagian.

Di bawah ini akan di jelaskan tentang bagian-bagian suara perkutut agar Anda mengerti yang mana suara depan, mana yang suara tengah dan yang di sebut ujung di sini. Berikut ini kriteria suara perkutut yang dinilai :

1. Suara Depan

Bagian depan suara burung perkutut banyak macamnya, akan tetapi yang penting ialah harus narik, panjang serta bersih. Komposisi penilaian depan antara lain, narik 3, Panjang 3, Bersih 3, dan total nilai 9. Suara yang narik akan terdengar seperti menjerit. Contoh suara perkutut depan yang baik yaitu klaauu, waauu, dan kleeoo.

Kalau bisa hindari suara depan yang pendek. Namun yang wajib di hindari ialah suara depan yang gembos dan kotor, seperti huu, huur, kuur, klarr, kuuk. Khusus untuk perkutut dewasa. Untuk burung perkutut yang masih muda, suara depan biasanya belum bisa narik walaupun tidak selalu, untuk perkutut muda Anda bisa mengabaikannya, hal terpenting adalah dengarkan air suaranya.

2. Suara Tengah

Suara tengah yang baik pada suara burung perkutut ialah yang lengkap, jelas serta bertekanan. Setiap ketukan akan terdengar berirama dan senggang. Sebaiknya hindari suara tengah yang rapat dan mengambang dan rapat. Komposisi penilaian tengah yaitu lengkap 3, jelas 3, nekan 3, total nilai 9.

3.  Suara Ujung

Suara ujung yang baik adalah yang bulat, panjang serta mengalun seperti ada unsur ng. Hal yang patut di hindari suara ujung yang ngerem mendadak dan pendek. Sebisa mungkin hindari suara yang noklak terdengar klaak. Suara ujung yang baik terdengar kuuung. Komposisi nilai suara ujung yaitu bulat 3, panjang 3, mengalun 3, total nilai ialah 9.

Dari 5 kriteria suara burung perkutut yang di nilai, tiap kriteria akan mendapatkan nilai maksimal 9. Jadi nilai sempurna totalnya adalah 9×5 kriteria suara 45. Bermodal suara depan, tengah, dan ujung yang bagus maka burung perkutut kesayangan Anda pun sudah bisa menjadi juara.

Download Suara Perkutut

Biasanya juri akan memberi nilai dasar suara dan irama hanya 8,5. Jarang burung perkutut yang mendapatkan nilai 9 pada irama dan dasar suaranya, kecuali burung itu istimewa dan banyak bunyi yang stabil.

Dan burung yang memperoleh nilai 9 di kedua kriteria ini ialah burung yang suara depan, tengah dan ujungnya mendapat 9. Burung ini akan mendapatkan koncer 4 warna hitam ke atas.

Untuk bisa menjadi juara, burung perkutut harus memiliki nilai minimal 43. Suara burung perkutut dengan kualitas minim ini bisa juara dengan syarat dapat koncer 2 warna 4 babak dan bisa bunyi, sayangnya banyak burung bagus yang tidak bunyi. Posisi yang aman setidaknya burung Anda berkualitas koncer 2 warna plus hitam dengan nilai 43,25.

Walaupun perkutut Anda memiliki kualitas 2 warna hitam namun hanya 2 babak bunyi, Anda tidak bisa jadi juara. Burung dengan kualitas 2 warna plus, bila bunyi 2 babak saja dan keduanya mendapat koncer 2 warna plus hitam biasanya juara.

Agar burung perkutut Anda bisa memenangkan lomba, perhatikan suara burung perkutut tersebut termasuk pada 5 kriteria yang memiliki niai sempurna atau tidak.

Download Suara Burung Perkutut Lokal dan Bangkok

Bagi Anda yang ingin mendengarkan beberapa suara burung perkutut mp3, di bawah ini kami sudah menyediakan link download suara burung sesuai permintaan para pecinta burung di Indonesia. Jadi kamu bisa langsung memilih suara mana yang sesuai dengan kriteria Anda.

Daftar Suara BurungLink Download
Suara Perkutut Lokal V1Download
Suara Perkutut Lokal V2Download
Suara Perkutut Lokal V3Download
Suara Perkutut Bangkok V1Download
Suara Perkutut Bangkok V2Download
Suara Perkutut Bangkok V3Download

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Cepat Gacor

Merawat burung perkutut dengan cara yang baik dan benar merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Bagi pemula atau yang sudah berpengalaman merawat burung perkutut tergolong mudah. Merawat burung perkutut sama halnya dengan merawat burung kenari atau jenis burung lainnya.

Dibawah ini ada beberapa tips merawat burung perkutut agar bisa juara dan berkicau merdu serta tetap memiliki warna bulu yang indah.

1. Menjadikan Suasana Sekitar Burung Terasa Nyaman

Dengan suasana yang nyaman dan tempat yang aman sangat bagus untuk tumbuh kembang serta kualitas burung perkutut terutama dalam hal berkicau. Sebab jika burung perkutut merasa tidak nyaman dengan tempat yang ditinggali atau tidak nyaman dengan suasana sekitar, maka dapat menyebabkan burung perkutut menjadi stres. Tidak hanya itu, jika si burung merasa tidak nyaman juga dapat mempengaruhi suara kicauannya.

2. Memberi Pakan Burung Secara Teratur

Carilah jenis makanan yang cocok untuk burung perkutut, agar kesehatan burung perkutut tetap terjaga. Pilihlah jenis pakan burung yang memiliki kandungan gizi serta vitamin yang banyak, agar kebutuhan nutrisi burung tercukupi.

Jenis pakan yang biasanya diberikan oleh pemelihara burung pada burung perkutut adalah jenis biji-bijian yang dihaluskan seperti biji jagung, beras merah, kacang hijau, dan beras ketan hitam. Jenis makanan burung perkutut lainnya adalah jenis pakan racikan yang terdiri dari campuran jewawut dan millet.

Selain jenis pakan racikan dan biji-bijian burung perkutut dapat diberi pakan extra fooding sebagai makanan tambahan seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik, dan jenis serangga lainnya. Ketika memberi pakan pada burung perkutut sebaiknya sehari tiga kali yaitu pagi siang dan sore secara teratur dan beri pakan secukupnya saja.

3. Pemberian Minum Pada Burung

Selain memberi pakan pada burung perkutut tentunya anda juga harus memberinya minum agar tidak tersedak. Letakkan air minum didalam sangkar dan jika burung haus maka dapat meminumnya kapan saja. Dan jangan lupa untuk mengganti air minum si burung.

Apabila air minumnya keruh atau kotor maka burung perkutut tidak mau meminumnya dan jika hal ini berkelanjutan dapat mengakibatkan burung cepat mati.

4. Menjaga Kebersihan Sangkar Burung

Dengan menjaga kebersihan sangkar burung dapat menjadikan kenyamanan bagi burung peliharaanmu. Dan dengan kodisi sangkar yang bersih dapat menjaga kesehatan burung. Bersihkanlah kotoran burung dan bulu burung yang rontok setiap hari agar tidak menumpuk.

Dan juga bersihkan tempat makan dan tempat minumnya. Sebaiknya membersihkan sangkar dilakukan minimal 2 hari sekali, agar kesehatan burung terjaga.

5. Memandikan Burung Perkutut

Mandikanlah burung perkutut secara rutin dan tepat waktu supaya burung terlihat segar dan menarik. Anda dapat memandikan burung menggunakan spryer yang halus dengan cara disemprot. Ketika memandikan burung perkutut sebaiknya menggunakan air beras lalu dicampuri beberapa lembar daun sirih, yang bertujuan untuk mencerahkan bulu-bulu burung. Mandikanlah burung setiap pagi hari dan siang hari lalu jemur atau diangin-anginkan.

6. Penjemuran Burung

Setiap selesai mandi sebaiknya jemur burung selama 20-30 menit untuk mengeringkan bulu burung yang basah. Jemurlah burung dipagi hari sekitar pukul 07.30-09.00 yang bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh burung.

Selain itu pada pukul 07.30-09.00 terdapat sinar matahari yang mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan burung perkutut. Dengan menjemurnya juga dapat menjauhkan burung dari penyakit serta membiasakan burung dalam suhu panas.

7. Melakukan pemasteran

Pastinya anda menginginkan burung perkutut peliharaanmu memiliki suara kicauan yang merdu. Untuk itu carikanlah suara burung masteran yang cocok dengan burung perkutut. Anda dapat menggunakan suara burung asli atau suara burung mp3.

Dan ketika memasterkan burung perkutut supaya ditempat yang tenang dan sunyi agar burung perkutut bisa fokus untuk mendengarkan suara burung masterannya.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan tentang burung perkutut hari ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam merawat burung peliharaannya.

Tinggalkan komentar